Roadmap PKM 2020 - 2024

Dalam konteks pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, setiap dosen memiliki kewajiban untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), selain mengajar dan meneliti. Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) merupakan bentuk kewajiban dan tanggungjawab seorang dosen untuk ikut berkontribusi bagi masyarakat, khususnya berkaitan dalam bidang manajemen pendidikan Islam, seperti terlibat dalam manajemen lembaga-lembaga pendidikan Islam (Madrasah, Madrasah Diniyyah, Pesantren, Sekolah Islam dan lain sebagainya).
Kewajiban Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) juga disematkan bagi mahasiswa. Mahasiswa sebagai agent of change memiliki kewajiban untuk ikut berkontribusi bagi masyarakat sekitarnya, khususnya masyarakat lembaga pendidikan Islam. Selain melalui kegiatan Magang I-II dan KKN/KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat), mahasiswa dapat juga terlibat dalam pengabdian kepada masyarakat yang dapat dilakukan secara kolaboratif dengan dosen.
Penyusunan “Roadmap Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Bidang Manajemen Pendidikan Islam” ini didasarkan oleh Renstra dan Rencana Induk Pengabdian Kepada Masyarakat IAIN Ponorogo untuk: (1). Meningkatkan jumlah pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa sesuai dengan bidang keilmuan prodi, multidispliner dan kolaboratif, baik tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional; dan (2). Selain itu Pengabdian juga diarahkan pada community development, khususnya dalam kesadaran akan pentingnya ilmu pengetahuan, skill, dan teknologi dalam kehidupan.
Dengan adanya Roadmap Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Bidang Manajemen Pendidikan Islam dapat menjadi pedoman bagi para dosen dan mahasiswa MPI dalam menjalankan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang berdampak bagi masyarakat luas, khususnya masyarakat  pendidikan.