PROFIL KURIKULUM MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM

Menindak lanjuti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi khususnya mengenai Kurikulum, Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi, serta Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2016 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI), maka IAIN Ponorogo menerbitkan buku pedoman implementasi kurikulum KKNI pembaharuan yang disusun oleh Tim Penyusun yang dibentuk oleh Dekan FTIK IAIN Ponorogo. 
Buku ini merupakan panduan yang harus diikuti oleh civitas akademika Program Sarjana Prodi Manajemen Pendidikan Islam di Lingkungan IAIN Ponorogo dalam menerapkan kurikulum yang mengacu KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dan SNPT (Standar Nasional Pendidikan Tinggi). Pengguna buku ini diharapkan dapat melakukan refleksi dan re-invent pada masing – masing program studi melalui co-creation bersama sivitas akademika dan stakeholders bersangkutan. Dengan pendekatan refleksi dan re-invent diyakini bahwa untuk para pembaca yang sukses melakukan implementasi akan dikenal sebagai agen perubahan kurikulum yang memenuhi capaian pembelajaran sesuai scientific vision dan kebutuhan dunia kerja.
Pada kesempatan ini, atas nama Tim Penyusun dan peninjauan Kurikulum KKNI Prodi MPI FTIK IAIN Ponorogo, mengucapkan terima kasih kepada kepada semua pihak yang telah memberikan masukan yang berharga dalam memperkaya pengetahuan, wawasan, dan khususnya mengenai pengembangan kurikulum Prodi MPI FTIK di IAIN Ponorogo. Akhir kata, walaupun masih banyak kekurangan dalam buku ini, diharapkan dapat digunakan sebagai landasan perubahan yang sangat bermanfaat bagi civitas IAIN Ponorogo dalam membangun pendidikan yang berkualitas