Raut wajah serius dan antusias tampak jelas terpancar dari ke-13 mahasiswa semester 6 jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Ponorogo. Hari ini, Sabtu 9 Maret 2024 mereka sedang melaksanakan finalisasi manuskrip sebelum submit artikel pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 2. Proses penyusunan manuskrip tersebut membutuhkan waktu yang sangat panjang, terhitung sejak mereka masih menempuh perkuliahan di semester 5 hingga sekarang.

Menurut Rihab Wit Daryono, M.Pd selaku dosen pembimbing, manuskrip artikel ini telah menunjukkan kualitas yang baik dalam merinci ide dan argumen yang disajikan. Struktur umumnya sudah terorganisir dengan baik, dan penulis telah berhasil menyampaikan informasi dengan jelas. Namun, ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki untuk meningkatkan kualitas keseluruhan. Sebuah revisi dapat membantu memastikan bahwa artikel ini mencapai tingkat keunggulan yang diinginkan, memastikan bahwa pesan yang disampaikan dapat dengan mudah dipahami dan dinikmati oleh pembaca.

Lebih lanjut Rihab menjelaskan bahwa kegiatan finalisasi manuskrip bertujuan untuk memperbaiki kesalahan minor dan melengkapi kekurangan yang ada. “Finalisasi manuskrip bertujuan untuk menyempurnakan berbagai elemen esensial, seperti melengkapi abstrak dan keywords untuk memberikan gambaran yang jelas tentang isi penelitian. Selain itu, kegiatan ini fokus pada penyelesaian literature review dan pengembangan hipotesis sebagai dasar teoritis yang kuat. Metodologi penelitian diperinci dengan cermat, sementara hasil atau data yang dihasilkan disusun secara sistematis. Kesimpulan diperkuat untuk mencerminkan temuan utama, dan sistematika penulisan diperbaiki guna memastikan kelancaran dan kejelasan dokumen akhir” ungkap Rihab.

Di akhir acara, Rihab menegaskan kepada seluruh mahasiswa yang hadir bahwa ia menargetkan submit artikel mahasiswa dapat dilakukan pada bulan Maret ini dengan harapan artikel tersebut bisa terpublikasi pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 2 sebelum perkuliahan pada semester genap tahun akademik 2023/2024 ini berakhir.

Kontributor : Dian Pratiwi
Editor : Abdul Kholiq
Foto Kegiatan : Rihab Wit Daryono