Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menyelenggarakan Lomba School Plan Tingkat Mahasiswa D3/S1 se-Jawa Timur pada hari kamis dan jum’at, 14-15 Juli 2022. Lomba School Plan merupakan sebuah ajang kompetisi untuk menghasilkan ide kreatif terkait perencanaan dalam dunia pendidikan.

Tim dari jurusan MPI FTIK IAIN Ponorogo yang beranggotakan Claudia Oktaviana, Esti Felailiana, dan Hanifah Dea Agustina terpilih menjadi salah satu finalis pada ajang lomba tersebut. Management Of Mental Health In School (MOMS): Inovasi Pelayanan e-Counseling Sebagai Upaya Optimaliasi Kesehatan Mental dalam Pembelajaran Siswa di Sekolah adalah karya inovasi mereka yang berhasil memukau dewan juri sehingga berhasil meraih juara 2 pada ajang lomba school plan tersebut.

Kesehatan mental atau psikologis siswa erat kaitannya dengan peran guru Bimbingan Konseling (BK). Di lembaga pendidikan, guru BK memiliki peran sebagai  konselor bagi para siswanya, namun keterbatasan guru BK di sekolah dan kurangnya kesadaran mengenai pentingnya kesehatan mental menjadi masalah yang sering luput dari perharian dalam dunia pendidikan.

Management Of Mental Health In School (MOMS) merupakan situs website yang diciptakan sebagai inovasi pengembangan kesehatan mental dengan sistem unggulan berupa e-counseling dan dilengkapi dengan fitur-fitur yang mendukung efisiensi kinerja guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah. Inovasi ini memiliki 4 tampilan utama yang terdiri dari Beranda, Artikel, Fitur  E-Counseling dan Results Test.

Categories: Berita